Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin dan Pelabuhan Laskar Pelangi Sebagai Pintu Masuk Belitung

Bandara Belitung HAS Hanandjoeddin
H.A.S Hanandjoeddin Airport Belitung
FOTO : Source

Akses Pariwisata di Belitung Via Udara dan Laut

Bandar  Udara Internasional H.A.S Hanandjoeddin merupakan akses vital kemajuan ekonomi di Pulau Belitong. Bandara yang dulu dikenal dengan sebutan Buluh Tumbang ini sudah bisa didarati pesawat Airbus A320, 737-800NG, dan 737-900ER dengan panjang run way 3.660 meter.



Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin terletak di Desa Perawas Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Sejak diubah status sebagai bandara internasional dan dilakukan berbagai renovasi, kini Bandara Internasional H.A.S hanandjoeddin Tanjungpandan sudah melayani penerbangan luar negeri dari dan ke Singapore.


Sementara untuk penerbangan domestik, Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin sudah melayani penerbangan ke berbagai kota, diantaranya; dari Belitung menuju Jakarta, Bangka, Palembang, dan Bandar Lampung.




Maskapai
Tujuan
Wings Air
Pangkal Pinang – Depati Amir
Nam Air
Jakarta—Soekarno Hatta, Pangkal Pinang – Depati Amir
Garuda Indonesia
Jakarta—Soekarno Hatta, Pangkal Pinang – Depati Amir
Batik Air
Jakarta—Halim Perdanakusuma, Jakarta—Soekarno Hatta
Citilink
Jakarta—Halim Perdanakusuma, Jakarta—Soekarno Hatta
Lion Air
Jakarta—Soekarno Hatta
Sriwijaya Air
Jakarta—Soekarno Hatta


Pelabuhan Tanjungpandan

Jika akses masuk lewat 'udara' ke Belitung melalui Bandara Internasional H.A.S Hanandjoeddin Tanjungpandan, maka akses masuk melalui laut yaitu Pelabuhan Tanjungpandan Belitung. Selain sangat diperlukan bagi jalur masuk arus perdagangan, Pelabuhan Tanjungpandan juga digunakan sebagai jalur masuk penumpang.

Adapun Pelabuhan yang memiliki panjang 395 meter ini terletak di sekitar 700 meter dari Jantung Kota Tanjungpandan, atau yang kita kenal dengan Tugu Batu Satam.

Di sisi sebelah kiri dari Pelabuhan Bongkar Muat, dibangun Terminal Penumpang yang diberi nama Laskar Pelangi. Pelabuhan yang mengambil nama dari Novel Laris Andrea Hirata ini diresmikan pada tanggal pada 11 Juni 2011. Andrea Hirata pun sempat hadir menjadi undangan saat peresmian pelabuhan ini.

Hampir setiap pagi, Kapal Cepat Expres Bahari mengangkut penumpang dari Bangka ke Belitung dan sebaliknya pada sore hari dari Belitung ke Bangka. 

Bagi Traveler yang berminat Tour ke Belitung, dua akses ini bisa menjadi pilihan saat ingin ke Belitung.


0 Response to "Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin dan Pelabuhan Laskar Pelangi Sebagai Pintu Masuk Belitung"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2