Menyaksikan Monyet Hantu di Bukit Peramun Belitung

Bukit Peramun Belitung

Bukit Peramun Belitung

Explore Potensi Bukit Peramun

Bukit Peramun merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Belitung yang menyajikan pesona bukit dangan panorama memukau. Bukit Peramun Belitung terletak di Dusun Air Selumar, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, 33414 provinsi Kepulauan Bangka Belitung.





Bukit yang memiliki ketinggiann sekitar 128 mdpl ini juga memiliki keunikan lain, di mana di perbukitan terdapat bebatuan granit dengan berbagai bentuk, diantaranya Batu Kembar dan Batu Dinosaurus. Bukit Peramon atau pada jaman pendudukan Belanda tahun 1909 disebut Pramoen Rocky Hill, Geologische Kaart van Billiton.



Peramun atau ramu merupakan kata dasar penamaan Bukit Peramun. Sejak dulu, di bukit ini terdapat beragam tumbuh-tumbuhan yang diramu menjadi obat dan sangat bermanfaat untuk kesehatan (obat-obatan herbal).

Selain untuk obat-obatan, banyak sekali tumbuhan di sini yang juga bisa dijadikan sumber makanan oleh masyarakat setempat.



Jenis Wisata yang Ditawarkan Bukit Peramun:
  1. Adventur, yaitu geotrack hiking dan geotrack dengan sepeda gunung. Pertualangan sepeda gunung ini diawali dari Puncak Bukit Batu Kembar, adventur menuju Bukit Langkang, menyusuri lembah bulin yang sudah berusia ratusan tahun. Selanjutnya adventur ini menyusuri Taman Kehati yang berjarak sekitar 1,8 kilometer. Sementara itu hiking atau dengan berjalan kaki diawali dari Lembah Ara, Hutan Bulin, menuju Bukit Langkang hingga melewati Goa Dinosaurus, Goa Kelayang, Goa Kelelawar, dan Goa Kera.
  2. Panorama dari tahapan rest area di bukit dengan ketinggian 128 mdpl ini sajikan pemandangan yang menarik. Dari puncak bukit Traveler akan melihat sajian hutan dan perbukitan. Selain itu, Traveler juga bisa melihat Pulau Lengkuas yang bermercusuar dari kejauhan.
  3. Tarsius Watching merupakan salah satu agenda wisata di Bukit Peramun Belitung. Tarsius adalah hewan pengerat yang hidup berpasangan dalam satu kawasan hutan. Hewan bermata merah ini oleh orang Belitung seringkali disebut Monyet Hantu. Traveler hanya bisa melihat tarsius ini pada malam hari, sekitar pukul 18.30 - 21.00 WIB, karena mereka merupakan jenis hewan nocturnal (keluar malam hari untuk mencari makan). 


Untuk paket tarsius watching ini, Traveler akan dikenakan biaya 100.000/pax. Beberapa anggota Arsel Community akan melakukan pencarian di hutan sekeliling dan akan menunjukkan pada traveler saat tarsius sudah ditemukan.



Bagi Traveler yang tertarik untuk berwisata ke Bukit Peramun, silahkan menghubungi Tour & Travel Anda dan mintakan salah satu program wisata ke Bukit Peramun Belitung.



0 Response to "Menyaksikan Monyet Hantu di Bukit Peramun Belitung"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel