Explore Wisata Minat Khusus Open PIt Nam Sa Lu Kelapa Kampit, Belitung Timur

Open Pit Nam Sa Lu Belitung Timur


Explore Wisata Minat Khusus
Open PIt Nam Sa Lu Belitung Timur


Explore Open Pit Nam Sa Lu

Hi Traveler, mungkin perlu diketahui, bahwasannya destinasi wisata di Pulau Belitung tidak hanya pantai dan pulau-pulau, melainkan ada juga wisata adventure. Salah satunya di Open Pit Nam Sa Lu. 

Wisata adventure ini terletak di Jalan Kampong Gunong, Desa Senyubuk, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur. Nah, jika Traveler berada di Desa Senyubuk, akan terlihat sekali Gunung Kik Karak ini. Ehmmm sebetulnya bukan gunung juga sih, namun bagi masyarakat lokal, sesuatu yang menggunung, meskipun hanya memiliki ketinggian 200 mdpl, sudah disebut gunung.

Traveler bisa berangkat dari Tanjungpandan Kabupaten Belitung ke Kelapa Kampit, Belitung Timur dengan menempuh jarak 52,9 km dengan waktu tempuh 1,1 jam.




Balik lagi ke Open Pit Nam Sa Lu. Area wisata minat khusus ini ya terletak di Gunung Kik Karak. Open Pit merupakan area eks tambang, Open Pit dalam pertambangan sendiri memiliki arti "Tambang Terbuka" sementara itu Nam Sa Lu merupakan bahasa Tionghua yang berarti urat/pasir timah jalur utara.

Untuk uraian lebih jelas, berikut penjelasan dan dokumentasi wisata Minat Khusus Open Pit Nam Sa Lu;

1). Area eks tambang Open Pit Nam Sa Lu merupakan area yang pas untuk berpetualang dengan mobil off road. Start dari Objek Wisata Ourbound Bukit Pangkuan, wisatawan akan diajak mendaki Gunung Kik Karak, melewati hutan perawan, hingga ke Kawah Danau Open Pit Nam Sa Lu.





2). Seperti ulir, atau mudahnya menyerupai obat nyamuk, begitulah permukaan Open Pit Nam Sa Lu. Jalan melingkar hingga menuju Danau. Kegiatan Operasi Produksi perusahaan PT.BHPI dimulai pada tahun 1973. Berlangsung hingga tahun 1992 dan dalam jangka waktu tersebut sudah beberapa kali dilakukan pindah tangan pemilik Izin Usaha Penambangan.

Kini Open Pit Nam Sa Lu sudah terlepas dari wilayah usaha penambangan dan berstatus hutan kawasan. Oleh kelompok masyarakat, wilayah ini dijadikan wisata eks tambang bernuansa adventure. Salah satunya rappeling. Dengan berlatarbelakang Open Pit Nam Sa Lu, penyuka wisata minat khusus bisa menjajal adrenaline dengan rappeling sembari berpose, menarik bukan?





3). Wuih, camping donk. Tentunya asyik menikmati alam cantik, bernuansa adventure, dan camping, nikmat apa lagi yang kamu dustakan?





4). Caving! Yuk susuri Goa/tunnel/adit Fuk Sa Lu. Dalam istilah pertambangan, Goa biasa disebut adit atau tunnel. Sementara itu Fuk Sa Lu berarti urat timah jalur barat. Goa ini merupakan area latih tambang sekaligus operasi produksi.

Goa yang dulu terdapat troli dan rel sebagai pengangkut mineral timah ini memiliki panjang sekitar 676 meter. Terdapat 12 (dua belas) persimpangan di dalamnya. Oleh karena itu, memasuki goa ini pun harus beserta guide khusus, di samping menggunakan pengaman seperti helm, head lamp, sepatu boat, dan baju khusus tambang. Wisatawan yang dipandu memasuki Goa Fuk Sa Lu akan diajak dan merasakan diri sebagai panambang. Guide akan menceritakan bagaimana menambang dan lebih detail seputar sejarah tambang.




5). Mau yang lebih extreme lagi? Traveler bisa melakukan rappeling dari atas bukit dan memasuki goa dengan rappeling, menarik bukan? Aksi ini pernah dilakukan oleh kawan-kawan My Trip My Adventure.




Hayo, bagaimana pendapatmu? Tertarik menjajal wisata minat khusus di Open Pit Nam Sa Lu? silahkan tulis komentarmu dan jangan lupa subscribe jabejabe.blog

0 Response to "Explore Wisata Minat Khusus Open PIt Nam Sa Lu Kelapa Kampit, Belitung Timur"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel