Pantai Penyabong Belitung Keindahan Surga di Selatan Negeri Laskar Pelangi

Pantai Penyabong Belitung

Pantai Penyabong Membalong Belitung
nan Aduhai

Melirik Pantai Paling Selatan di Belitung

Melihat alam Belitung nggak ada puas-puasnya. Tidak hanya Traveler yang selalu kangen ke Belitung, bahkan program televisi yang memuat tayangan adventure seperta MTMA sudah lebih dari tiga kali mengekspos keindahan Pulau Belitung.

Nah, Kali ini kita akan mengajak Traveler melanglang ke Pantai Penyabong di Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

Formasi Batu Granit

Nah Traveler, sekedar tahu aja, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Pulau Batu Berlayar, Pulau Kelayang, Pantai di Pulau Lengkuas, Pantai di Pulau Kepayang, serta banyak tempat lagi, termasuk Pantai Penyabong Membalong Belitung.

Ada perbedaan antara pesisir panntai di Belitung dan Belitung Timur. Jika Traveler ke Belitung Timur, tidak akan terlihat bebatuan granit di tepi pantai, dan formasi granit unik ini hanya ada di sebagian besar pantai di Kabupaten Belitung.



Untuk diketahui, usia batu granit ini sudah sangat lama, yups sekitar 65 hingga 200 juta tahun lalu. Jika diperkirakan yaitu sejak jaman triassic, jadul banget kan. Info lebih dalam seputar terbentuknya formasi granit ini bisa dibaca di Asal-usul  Granit di Belitung.

Kembali ke Pantai Penyabong Membalong Belitung

Pantai-pantai di Kecamatan Membalong sebetulnya banyak yang menarik, salah satunya Pantai Penyabong Belitung. Hanya saja, untuk mengunjungi pantai ini cukup membutuhkan waktu atau sekitar 1 - 1,5 jam menggunakan mobil dari Pusat Kota Tanjungpandan, Belitung.


Dalam perjalanan menuju Pantai Penyabong Belitung, Traveler akan disuguhi pemandangan hutan di sela-sela perkampungan, perkebunan sawit, dan bukit batu yang besar atau disebut Batu Baginde.

Sesampainya di Pantai Penyabong Belitung, Traveler akan melihat formasi batu granit panjang. Traveler bisa menaiki batu granit ini dan melihat keindahan pesisir pantai-pantai di Kecamatan Membalong. dan dengar-dengar kata Penyabong memiliki arti 'penghubung'. yaitu, penghubung antara bebatuan granit yang bentuknya memanjang (menyerupai jety).




Terdapat Rumah Makan Seafood

Jangan lupa makan meski liburan, hehehe, Nah di Pantai Penyabong ini Traveler bisa menikmati aneka sajian seafood yang maknyus di warung-warung berjejer dekat pantai.


Jejali menu-menu ikan bakar, kepiting, udang, cumi-cumi, semuanya dipastikan masih segar dan mengundang selera Traveler. Oh ya, di sebelah Pantai Penyabong Membalong ini juga terdapat destinasi lain, berupa resort yang ditata sangat baik, dan tentunya Traveler sudah pernah mendengar Arumdalu. Jadi kalau ke Membalong, jangan lupa kunjungi juga resort ini.

Yuk, kapan liburan ke Belitung?


0 Response to "Pantai Penyabong Belitung Keindahan Surga di Selatan Negeri Laskar Pelangi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel