Pulau Lengkuas : Destinasi Wisata Eksotis ke Pulau Belitung

Pulau Lengkuas Belitung

Pulau Lengkuas
Destinasi Wisata Primadona di Pulau Belitung


Pulau Lengkuas Belitung merupakan salah satu Pulau Tercantik di Pulau Belitung. Pulau yang di tengahnya berdiri mercusuar setinggi 18 lantai ini secara administratif terletak di Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung. Lebih tepatnya, Pulau Lengkuas Belitung ini terletak di sebelah Utara Pantai Tanjung Kelayang.

Keindahan Pulau Lengkuas Belitung ini merupakan perpaduan dari formasi bebatuan granit raksasa yang menjorok ke laut, mercusuar dan pantai berpasir putih. Tidak hanya itu, keberadaan Pulau Tukong Lengkuas (Tukong: Anak), yang terletak persis di depan Pulau Lengkuas memiliki daya tarik tersendiri saat Traveler berada di Pulau Lengkuas.

Akses ke Pulau Lengkuas

Ada dua jalur yang bisa dilalui Traveler jika ingin mengunjungi Pulau Lengkuas. Pertama, Traveler bisa menggunakan boat tradisional nelayan dengan biaya sewa IDR 450.000 hingga IDR 550.000, tergantung jumlah penumpang. Jalur dari Pantai Tanjung Kelayang ini terbilang dekat atau membutuhkan waktu 20 menit.

Di sepanjang perjalanan dari Pantai Tanjung Kelayang ke Pulau Lengkuas, Traveler akan melihat beberapa pulau kecil nan cantik seperti Pulau Batu Garuda, Pulau Kelayang, Pulau Batu Berlayar, Pulau Babi atau Tukong Kepayang, dan pulau-pulau kecil lainnya, termasuk Pulau Pasir atau Gusong.

Sementara itu akses kedua melalui Pantai Tanjung Binga. Sebetulnya waktu tempuh yang dibutuhkan dari Pantai Tanjung Binga ke Pulau Lengkuas akan lebih lama atau sekitar 35 menit. Jika dari Pantai Tanjung Binga, Traveler akan bertemu dengan Pulau Burung, Gugusan Pulau Malang, Pulau Litung dan Pulau Semaju.




Mercusuar Pulau Lengkuas

Hingga saat ini, mercusuar di Pulau Lengkuas masih berfungsi di bawah pengawasan Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. Lampu di puncak mercusuar akan dihidupkan pada pada pukul 17.00 WIB dan akan dimatikan pada pukul 06.00 WIB.

Di bagian Utara Pulau Lengkuas merupakan laut lepas yang sering dilalui oleh kapal-kapal besar antar negara. Oleh karena itu, mercusuar ini sangat penting bagi lalu lintas perhubungan laut.

Mercusuar ini dibangun oleh Pemerintahan Kolonial Belanda pada tahun 1882. Bangunan menara ini terbuat dari besi dan baja yang kokoh terdiri dari 18 lantai dengan jumlah anak tangga yang berbeda. Uniknya, keberadaan jendela di mercusuar ini berbeda di setiap lantai, Misalnya lantai 1 (satu) terdapat jendela yang menghadap ke utara dan timur. lalu di lantai berikutnya menghadap ke Barat dan selatan, begitu seterusnya.




Snorkeling dan Diving di Pulau Lengkuas

Tentu saja Traveler dapat menikmati keinndahan alam bawah laut di sekitar Perairan Pulau Lengkuas. Biasanya area snorkeling ini dilakukan di sebelah selatan Pulau. Keindahan terumbu karang yang berwarna-warni serta banyaknya ikan akan merupakan daya tarik yang luar biasa.

Kerangka Kapal Wreck Indomarine tentu menjadi daya tarik bagi penyelam (diver). Area kerangka kapal ini pun berada di sekitar Pulau Lengkuas.

Gugusan Batu Granit Pulau Lengkuas

Pantai dan pulau-pulau di sebelah Barat Pulau Belitung memiliki keunikan, yaitu terdapat gugusan Batu Granit, termasuk di Pulau Lengkuas. Formasi bebatuan ini tidak hanya terdapat di tepi pantai, di mana saja, termasuk di tengah pulau. 

Menurut ahli Geologi ITB, bebatuan granit ini muncul akibat proses geologi dari puluhan meter ke dalam perut bumi. Usia batu ini diperkirakan 65 hingga 200 juta tahun lalu, atau sejak jaman triassic.



Gugusan batu ini laiknya fenomena gunung es, menggunung di dalam perut bumi dan hanya muncul sedikit ke permukaan. bahkan, Geologis ini memperkirakan, bongkanan batu yang sama saling sambung menyambung dengan batuan granit di Kepulauan Natuna hingga Semenanjung Malaysia.

Bagaimana pun, batu granit ini merupakan salah satu 'simbol kecantikan' Pulau yang menjadi Primadona Wisata di Belitung, Pulau Lengkuas.

Lalu, kapan nih mau Tour ke Belitung? yuk atur waktu liburannya dan explore Negeri Laskar Pelangi.
Cara Ke Pulau Lengkuas, Pulau Lengkuas Belitung Map, Pulau Kepayang, Menginap di Pulau Lengkuas, Pulau Lengkuas Belitung Regency Bangka Belitung Islands, Peta Pulau Lengkuas, Pulau Kelayang, Pulau Batu Berlayar

0 Response to "Pulau Lengkuas : Destinasi Wisata Eksotis ke Pulau Belitung"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2