Snorkeling Belitung : What a Beautiful Coral & Many Fishes

Snorkeling Belitung

Snorkeling Belitung

Agenda Wajib Belitung Islands Hopping

Snorkeling Belitung - Yuk Explore Belitung; Alam bawah laut Belitung merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia (Bagian Barat). Keragaman terumbu karangnya (coral) membuat para wisatawan yang menggemari snorkeling (Agenda Wajib), betah berlama-lama menyaksikan keindahan bentuk dan warna-warni coral.


Saat Traveler bersnorkeling di Pulau Lengkuas atau pun sekitarnya termasuk area Karang Salam (Pesisir Pulau Kepayang) ratusan ikan bahkan ribuan Atherinomorus akan mendekati serta membentuk formasi artistik (Schooling). Ikan jenis ini berwarna warni dengan dasar putih dan kombinasi hitam dan kuning.

Adapun jenis-jenis karang yang akan dilihat antara lain; foliose, mushroom, Acropora branching, Acropora tumbulate, dan karang massif. Selain itu Traveler juga akan menemui jenis softcoral dan akar bahar.

Namun, tetap harus berhati-hati ya Traveler, sebab, saat snorkeling, tak jarang akan ditemukan Bulu Babi (Ochinoidea).

Singkat saja, ini beberapa dokumentasi saat wisatawan berkunjung ke Belitung dan snorkeling di beberapa lokasi, Pulau Lengkuas dan sekitarnya.

Dokumentasi Snorkeling di Perairan Laut Belitung

1). Boatman akan mengantar Traveler untuk bersnorkeling di perairan sekitar 200 meter sebelah barat dari Pulau Lengkuas. 



2). Ada banyak spot untuk menyaksikan kelucuan ikan-ikan badut (nemo) ini. Foto berikut ini diambil di perairan Pulau Tukong Kik Mai (depan Pulau Lengkuas)



3). Tuh kan, banyak ikannya. Atherinomorus akan banyak ditemukan di semua snorkeling area Tour Pulau di Belitung (Belitung Islands Hopping)



4). Rehat dan Foto dulu sejenak dengan latar belakang Pulau Lengkuas yang di tengahnya terdapat mercusuar.



5). Atherinomorus selalu menjadi sahabat Traveler saat snorkeling. Foto dulu, jepreet!



6). Atherinomorus akan datang sendirinya, jangan sesekali memberi makan ya Traveler, karena mereka punya makanan sendiri. Nah, kalau ikan-ikan ini diberi makan, justru akan mematikan terumbu karang, kenapa? karena ikan ini memakan lumut-lumut hijau yang menutupi karang. Lalu, jika lumut hijau ini tidak dimakan dan terlalu banyak menutupi karang, maka karangnya akan mati.



7). Area snorkeling ini di sebelah timur Pulau Lengkuas. Terumbu karangnya juga bagus dan tumbuh di dinding-dinding landai dasar laut.



8). Kumpulan terumbu karang di depan Pulau Batu Garuda ini jarang dijadikan spot snorkeling, bahkan bisa dibilang tidak pernah. Lihat kan bagus banget...



9). Starfish atau Bintang Laut ini bisa ditemukan di area Pulau Pasir. Ingat Traveler, kalau mau foto-foto dengan si 'Patrick", diwajibkan di dalam laut, jangan diangkat ya, ntar si Patrick masuk angin (seriusly).




Menjadi Perhatian Saat Snorkeling dan Islands Hopping di Belitung


  • Jangan membuang sampah sembarangan, ini penting banget ya Traveler. Karena kebersihan dan keindahan hanya milik kita bersama.
  • Jangan mengambil apa pun saat tour pulau. Artinya jika Traveler melihat terumbu karang atau apa pun yang ditemukan saat tour pulau, biarkan saja tergeletak di pesisir atau dalam laut. Properti ini sedikit banyak memperindah dan menjadi hal unik bagi pengunjung lainnya.
  • Jangan menginjak terumbu karang saat snorkeling. Pastinya kita semua tau kan, jika terumbu karang terinjak bisa-bisa patah atau hal lain akan terjadi.
  • Seperti yang disebutkan di atas, jangan berfoto dengan bintang laut, apalagi jika samoai diangkat ke permukaan. Boleh saja jika mau, namun harus sambil menyelam dan tanpa menyentuh.
  • Dan terakhir, jangan memberi makan pada ikan. hmmm pasttinya ikan-ikan ini punya makanan sendiri kan, hehe...


Bagaimana pendapat kamu tentang snorkeling di Belitung? yuk tuliskan komentar dan jangan lupa subscribe jika ingin mengetahui lebih banyak serta update tentang Paket Wisata di Belitung.

0 Response to "Snorkeling Belitung : What a Beautiful Coral & Many Fishes"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel