Tinggalkan Keruwetan Kota, ini 4 Fakta Kesehatan Liburan di Pantai

Fakta Kesehatan Liburan di Pantai

Fakta Kesehatan Liburan di Pantai


Liburan selalu tiba, tapi apakah Traveler memiliki pilihan liburan? Sekedar saran, lengkapilah dengan perjalanan ke pantai, karena ternyata sangat efektif bagi kesehatan.

Seberapa penting liburan di pantai bagi kesehatan, nah Traveler, JabeJabe.BLOG telah merangkum 4 Fakta Kesehatan Liburan di Pantai.

Faktanya, pantai memberikan banyak keuntungan untuk kesehatan, Traveler. Berdasarkan hasil sebuah studi yang terbit dalam Journal of Environmental Psychology.

"Studi sudah membuktikan wisata alam seperti pantai memiliki lebih banyak manfaat ketimbang gym, atau pusat-pusat hiburan urban," ujar J.Aaron Hipp, Ph.D, salah satu peneliti studi tersebut sebagaimana dikutip JabeJabe.BLOG dari Medical Daily.

Selain itu, studi-studi menunjukkan hal-hal sebagai berikut;

Sinar Matahari Berikan Vitamin D

- Menurut penelitian Mayo Clinic, dalam 10 menit 'disiram' sinar matahari, tersedia dosis vitamin D cukup untuk sehari. Sementara itu Vitamin D Council menyebut tubuh dapat memproduksi 10 ribu hingga 25 ribu IU vitamin D saat Traveler berjemur, hingga warna kulit sedikit kemerahmudaan.


Selain itu sinar matahari dapat meningkat produksi endorfin dan melindungi tubuh dari penyakit autoimmune.

Menguatkan otot Kaki dan Lebih Fresh

- berjalan atau berlari di atas pasir membutuhkan energi 1,6 sampai 2,5 lebih banyak daripada berjalan di atas permukaan solid. Maka, berjalan di atas pasir baik untuk menguatkan otot kaki Traveler



- Menurut Martin Zuncker, penulis buku "Earthing: The Most Important Health Discovery Ever?", berjalan tanpa alas kaki dapat menghantarkan energi penting pembangkit mood dari bumi masuk ke dalam tubuh. Jadi, ada baiknya Traveler berjalan di atas pasir tanpa menggunakan alas kaki. 

"Earthing" atau "membumi" menghubungkan kembali dengan energi sebenarnya dari bumi, yang sudah  terlupakan karena gaya hidup modern.

Sembuhkan Infeksi, Detoksifikasi dan Terapi



- Air laut mengandung berbagai jenis mineral seperti magnesium, potassium dan iodine. Mineral ini antara lain berfungsi untuk menyembuhkan infeksi, sebagai alat detoksifikasi, dan memberikan efek terapi.

Meredakan Stress



- Berenang dapat menurunkan stres, kecemasan, dan depresi. Selain efek kesehatan jiwa, berenang juga bermanfaat bagi pembentukan otot-otot tubuh, mengingat air memiliki resistensi yang cukup tinggi. Nah, dengan berenang di laut, sedikitnya dua setengah jam per minggu, Traveler sudah menurunkan risiko penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan kombinasi manfaat di atas, saat Traveler berjalan, berenang, dan berjemur, rasanya tubuh Traveler siap menghadapi berbagai tantangan saat kembali ke rutinitas.

0 Response to "Tinggalkan Keruwetan Kota, ini 4 Fakta Kesehatan Liburan di Pantai"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel