Budaya Unik Belitung Timur Nyungsong Kater alias Ngambat Kerisi


Budaya Unik Belitung Timur


Urang Pesisir Timur Belitung

Budaya Unik Belitung Timur Ngambat kerisi alias Nyungsong Kater atau menyongsong Kater merupakan budaya masyarakat pesisir Timur Pulau Belitong. Kater sendiri merupakan perahu khas nelayan masyarakat Belitung Timur. Kater atau perahu Kater terbuat dari kayu besar yang berbadan panjang. Perbedaannya dengan perahu lain adalah karena kater memiliki cadik atau lengan di kiri-kanan.


Di Belitung Timur, nelayan-nelayan kater biasanya turun ke laut dari sejak pagi. Sesudah waktu shubuh, nelayan mulai bersiap-siap ke Laut. Bagi nelayan yang sudah terbiasa melaut, senang turun sendiri, mereka terbiasa.

Sekuat tenaga menuju bibir pantai, kater pun didorong ke lidah laut. Rata-rata kater nelayan kini bermesin, namun tidak jarang kater-kater yang meski sudah memiliki mesin kadangkala masih mengandalkan layar. Nelayan ini mencari ikan dari pagi hingga sore hari.

Saat nelayan kembali melaut, budaya nyunsong kater ini pun selalu berlangsung. Dengan tujuan menolong, ibu-ibu dan anak-anak membantu nelayan yang baru pulang melaut, karena kater harus dinaikkan ke darat, pak nelayan sudah lelah dan harus dibantu.

Upah Ikan Balas Budi Nyungsong Kater

Keihlasan mendorong kater ke darat ini ternyata segera dibalas pak nelayan, dipersilahkannya penyungsong kater mengambil ikan sendiri-sendiri sebagai 'upah' dan pak nelayan hanya duduk memanjangkan nafas, beristirahat. Budaya unik Belitung Timur ini sudah sejak lama berlangsung di Belitung Timur, dan paling banyak dilakukan di Pantai Serdang, Manggar Belitung Timur.

Openpit Tours mengajak wisatawan melakukan Budaya Unik Belitung Timur, ngambat kerisi, membantu nelayan mendorong kater ke darat. Setelah itu, bersama-sama dengan nelayan, wisatawan membakar ikan di tepi Pantai Serdang.

Tertarik mengexplore Pulau Belitung?

Jika suatu hari Anda berminat berwisata ke Pulau Belitung, tentunya Anda bisa menggunakan jasa Belitung Amazing Holiday yang memiliki varian Paket Tour Belitung. Anda akan dipandu oleh Guide dan Driver lokal berpengalaman yang bisa berbicara banyak seputar destinasi wisata dan budaya Belitung.

0 Response to "Budaya Unik Belitung Timur Nyungsong Kater alias Ngambat Kerisi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel