Panorama Milky Way di Belitung Bidikan Komunitas Belitong Photography

Panorama Milky Way di Belitung
Milky Way Pulau Lengkuas Belitung
Foto IG : @cheppy_cheever

Panorama Milky Way di Belitung


Galaksi Bimasakti atau Milky Way memiliki bahasa latin Via Lactea yang diambil dari Bahasa Yunani Galaxias yang berarti susu. Munculnya istilah Bimasakti dalam bahasa Indonesia di mana saat orang-orang Jawa Kuno melihat susunan bintang di angkasa. 


Bima merupakan Tokoh Perwayangan, sementara itu formasi bintang ini yang jika dihubungkan akan membentuk Bima laik dililit ular raksasa, dari situ muncullah istilah Bima Sakti.

Keindahan taman langit formasi bintang ini menjadi salah satu buruan Photographer. Namun demikian, para pemburu cahaya ini tidak hanya semata-mata mengambil objek Bimasakti, lebih dari itu, foreground yang menarik juga menjadi faktor penting. 

Berikut ini Panorama Milky Way di Belitung hasil bidikan Kawan-kawan Komunitas Belitong Photography;

1). Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas Belitung tidak hanya cantik di siang hari. Sesekali, kunjungilah di malam hari atau sekalian camping di Pulau Lengkuas sembari menikmati panorama taman langitnya.


2). Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang di Belitung selalu ramai dikunjungi wisatawan sejak pagi hingga sore hari. Namun jika mereka berleha-leha hingga malam hari di pantai ini, akan terlihat bagaimana keindahan milky way-nya. 



2). Pantai Batu Buyong

Pantai Batu Buyong terletak di Desa Tanjung Batu Itam, Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur. 

Menurut cerita masyarakat, awalnya Batu Buyong hanya sebesar kepala, namun kian lama kian membesar. Batu ini terletak di tebing granit dengan kemiringan 40 derajat, anehnya posisi batu kokoh dan tidak bergeming meski didorong dengan kuat.

Terlepas dari cerita yang melatarbelakanginya, Panorama Milky Way di Belitung, tepatnya di Batu Buyong ini juga bagus untuk dibidik, jepreeet...


3). Pantai Membalong

Keindahan Milky Way pada malam tahun baru di Pantai Membalong. Daerah paling Selatan Pulau Belitong ini terbilang masih jarang dikunjung karena jaraknya yang lumayan jauh dari pusat kota kabupaten. Namun salah satu keindahan surga Belitong itu ada di wilayah ini. 



4). Pulau Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar terletak sebelah barat dari Pantai Tanjung Kelayang Belitung. Pulau ini bisa diakses dengan boat tradisional kurang dari 10 menit. Pulau kecil yang luasnya tidak lebih dari setengah hektar ini hanya terdiri dari formasi batuan granit dan pasir putih. Formasi keduanya membuat Pulau Batu Berlayar Belitung menjadi foreground yang fantastis saat mengambil moment milky way.


5). Pulau Batu Garuda

Disebut Batu Garuda karena terdapat formasi yang menyerupai kepala Burung Garuda, Lambang Negara Indonesia. Pulau Batu Garuda masih merupakan pekarangan Pantai Tanjung Kelayang. Di siang hari, boat yang membawa wisatawan hilir mudik mengambil background Batu Garuda. Namun pada malam hari, Batu Garuda menjadi foreground yang menarik saat membidik Bimasakti. 

Adapun cahaya yang muncul dari formasi batuan tersebut sengaja dipasang oleh pemerintah setempat untuk menambah keindahan Batu Garuda di malam hari, dengan sumber listrik dari panel surya.


6). Danau Kaolin 

Danau Kaolin atau Danau Biru sangat apik di siang hari, terutama saat cuaca panas dan langit cerah. Sama halnya dengan destinasi wisata lainnya di Belitung, berikut ini foto milky way dengan foreground Danau Kaolin.


7). Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi merupakan pantai tercantik di Belitung dan menjadi primadona wisata di Negeri Laskar Pelangi. Pantai ini juga menjadi salah satu tempat syuting Film Laskar Pelangi. 

Tak hanya indah di siang hari, foto milky way yang amazing berikut ini diambil oleh Rekan Belitong Photographey saat menjelang subuh.


8). Gunung Tajam

Sebetulnya tak layak disebut gunung, lebih ke perbukitan. Namun bagi masyarakat Belitung, dataran yang memiliki ketinggian sekitar 500 mdpl ini disebut Gunung Tajam. Berikut ini milky way dengan foreground Gunung Tajam Belitung.


9). Replika SD Muhammadiya Laskar Pelangi

Rumah Sekolah anak-anak Laskar Pelangi ini terletak di Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur. Meski sederhana, sekolah reot ini menyimpan sejuta kenangan dan pelajaran berharga bagi anak-anak Laskar Pelangi, mereka umpama bintang-bintang yang berpijar, penerang di kegelapan, ciyee...

Nah, Kawan Belitong Photographer pun tak luput menjadikan Replika SD Laskar Pelangi sebagai foreground dari Bimasakti yang berpijar ini.



Hei Kamu...! iya... Kamu, Kapan hunting milky way di Belitung? Ditunggu ya...!


0 Response to "Panorama Milky Way di Belitung Bidikan Komunitas Belitong Photography"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel