Belitung City Tour, Tanjungpandan Kota Eks Keemasan Tambang Timah

Belitung City Tour

Belitung City Tour Ini Destinasi Keliling Kota Tanjungpandan

Belitung City Tour - Sudah pernah jalan-jalan ke Pulau Belitong? atau mungkin biasa Anda menyebutnya Belitung. Nah, biasanya usai beberapa hari berwisata di Belitung, seperti berwisata ke Kampong Laskar Pelangi dan Belitung Islands Hopping (Wisata Tour Pulau), di hari terakhir, Anda akan diajak keliling kota Tanjungpandan atau dalam format Belitung City Tour.


Keliling kota Tanjungpandan selalu dalam agenda hari terakhir saat berlibur ke Belitung. Lalu apa? Berikut ini Destinasi Belitung City Tour yang akan Anda datangi;

Belitung City Tour - Rumah Adat Belitong

Agenda Belitung City Tour biasanya Anda akan diajak oleh Driver atau Guide mengunjungi Rumah Adat Belitong. Rumah Gede atau Rumah Panggong ini terbuat dari kayu yang dipangku oleh beberapa riang. Jika Anda memasuki Rumah Adat Belitong, Anda akan memasuki bagian teras yang cukup panjang dan agak lebar. Di sini terdapat kursi yang berfungsi untuk menyambut tamu atau bersantai.

Belitung City Tour

memasuki ruang tengah atau ruang utama. Di sini merupakan ruang berkumpul keluarga. Idealnya di sini terdapat beberapa kamar dan ruang pertemuan. Jika Anda sempat memasuki Rumah Adat Belitong, Anda bisa melihat bagaimana singgasana dan properti adat perkawinan Budaya Masyarakat Belitong. Di ruangan ini pula Anda bisa melihat bagaimana pakaian Adat Urang Belitong.

Antara Ruang utama dan dapur terdapat penghubung atau selasar. Kemudian Dapur adalah semua aktifitas memasak. Selanjutnya, pada bangunan terpisah, terdapat rumah kecil yang berfungsi sebagai rumah penjaga atau rumah sekuriti.

Danau Kaolin Alias danau Biru atau Biasa Disebut Kulong Kaolin

Kemudian, Agenda Belitung City Tour selanjutnya adalah Danau Kaolin. Danau ini merupakan cekungan besar yang terjadi karena aktifitas penambangan kaolin. Danau ini terletak di Jalan Murai, Desa Aik Rayak, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung. Hingga kini, danau ini masik aktif atau aktifitas penambangan kaolin masih aktif. Bagi pengunjung diperbolehkan oleh pihak perusahaan untuk mengunjungi danau ini dan befoto.

Danau ini terlihat sangat indah di pagi hari (Sunrise Moment). Namun demikian agenda Belitung City Tour tidak terpaku dengan waktu dan silahkan dikomunikasikan dalam mengambil momentum, Anda bisa melakukan aktifitas Fotografi kapan, pagi, siang, dan sore hari.

Dinding danau berwarna putih, di tengah danau terdapat pulau-pulau kecil berwarna putih laksana ular. Sementara itu airnya yang kebiru-biruan mempercantik penampakan danau ini. Hasil fotografi Anda akan terlihat sangat bagus jika bisa mengambil momentum pada siang hari dengan langit biru, sebuah pemandangan yang kontras.

Kave Senang

Nah, saatnya bersantai dalam program Belitung City Tour. Kunjungi pula Kave Senang. Kave ini terletak di Pusat Kota Tanjungpandan atau sangat dekat dengan Tugu Batu Satam, Tanjungpandan Belitung.

Kave ini sebetulnya memiliki sejarah. Di masa kejayaan Timah di Pulau Belitong, para pekerja PN. Timah (Sakarang PT.Timah Tbk), sebagian besar karyawannya akan mengunjungi kave ini saat beristirahat makan siang. Ada beragam menu yang bisa disajikan di sini. Namun yang paling favorit tentu saja Kopi Khas Belitong. Anda juga bisa memesan Mie Belitong, Soto Belitong, dan Kuliner Khas Belitong, Gangan.

Di Kave Senang ini terdapat beberapa warung kopi yang cukup dikenal, yaitu Warung Mak Janah, Kedai Kopi Kongdjie dan Warung Kopi Ake. Keduanya merupakan warung legendaris yang bisa Anda datangi jika berkunjung ke Belitong.

Museum Tanjungpandan

Tidak hanya ngopi, agenda Belitung City Tour juga mengunjungi Museum Tanjungpandan yang merupakan Museum Geologi Timah. Museum ini terletak di Jalan Melati Tanjungpandan. Namun seiring waktu, di museum ini kini mengoleksi berbagai penemuan sejarah. Selain Sejarah Pertambangan Timah di Belitong, di museum ini kini terdapat berbagai pernik keramik dan properti sejarah perjuangan Rakyat Belitong melawan 'kolonialisme'.

Namun, selain pernak-pernik sejarah, di Museum Tanjungpandan juga terdapat 'Kebun Raya' atau kebun binatang. berbagai koleksi dan jenis binatang terdapat di taman museum. Salahsatunya yang mengundang minat adalah buaya besar yang dulu pernah digunakan untuk shooting Film Laskar Pelangi.

Tugu Batu Satam

Berkeliling kota dalam kegiatan Belitung City Tour ? Tentu saja Anda akan melewati Tugu Batu Satam. Batu hitam berulir ini merupakan batu meteor. Batu Satam merupakan salah satu jenis oleh-oleh yang bisa menjadi buah tangan dan paling spesial. Batu Satam disebut juga Billitonite, Konon dari nama inilah asal nama Pulau Belitong. Batu satam terdapat di kulong atau danau-danau penambangan timah.

Belitung City Tour

Tugu Batu Satam yang terletak di Jantung Kota Tanjungpandan merupakkan bentuk terbesar, atau sekedar replika. Bentuk batu satam terlihat unik dalam berbagai macam. Namun, di permukaan batu satam, Anda akan melihat ulir-ulir serupa motif yang membuat batu satam terlihat cantik dan menarik.

Batu Satam banyak digunakan sebagai mata cincin, mata kalung, gelang, bahkan sebagai simbol yang kuat di tongkat komando. Wisatawan yang mengetahui batu satam umumnya akan berburu batu meteor ini sebagai buah tangan kepada kawan dan rekan kerja.

Nah, bagaimana dengan kegiatan Belitung City Tour sebagai salah satu agenda berlibur Anda saat berada di Belitung. Jika suatu saat Anda mengunjungi Negeri Laskar Pelangi, jangan lupa hubungi Tour & Travel di Belitung yang akan memandu Anda selama berlibur.

BELITUNG CITY TOUR, TANJUNGPANDAN, TANJUNG PANDAN CITY TOUR, SOUVENIR BELITUNG, WISATA BELITUNG, PAKET TOUR BELITUNG, MUSEUM TANJUNGPANDAN, MUSEUM BELITUNG

0 Response to "Belitung City Tour, Tanjungpandan Kota Eks Keemasan Tambang Timah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel