Menikmati Siput Gonggong di Pulau Belitung

Siput Gonggong

Siput Gonggong Pulau Belitung

Favorit di Belitung

Siput Gonggong merupakan salah satu dari sekian banyak menu seafood (makanan laut) favorit yang bisa Anda nikmati jika berkunjung ke Pulau Belitung. Siput gonggong ini berukuran sedang jika wadahnya adalah piring. Isi seafood ini pun lebih kecil lagi dari cangkangnya, namun lezat serta gurih, rasanya mirip-mirip kepiting dan memiliki tekstur daging yang kenyal.

Selain ukudan dan rasanya yang unik, yang tak kalah unik tentu saja bentuknya. Mirip sekali terompet yang seringkali digunakan oleh film-film animasi putri duyung, namun siput gonggong ini bisa disebut versi kecilnya.

Di mana Berburu Siput Gonggong di Belitung?

Lalu, di mana Anda bisa berburu sipit gonggong? nah, untuk diketahui, makanan yang lezat ini bisa Anda nikmati jika menikmati Paket Wisata Lengkuas Islands Hopping dan Leebong Islands Hopping di Belitung. Warung-warung makan di Pulau Kepayang (salah satu trip Lengkuas Islands Hopping, Belitung) selalu menyediakan menu siput gonggong. Jika pun tidak, Anda bisa memesan ke dapur belakang.

Kemudian tempat kedua yaitu saat Anda mengunjungi Pulau Leebong Belitung. Saat ini restoran di Pulau Leebong memang belum menyiapkan menu khusus siput gonggong. Jika mau, Anda bisa meminta pengelola Pulau Leebong untuk menyediakan menu ini. Atau, jika Anda lebih senang 'berburu', kunjungi keramba-keramba ikan (Tempat beternak ikan di laut) dalam perjalanan menuju Pulau Leebong. Jika beruntung, Anda bisa saja mendapatkan harga murah. Lalu apa, Anda bisa meminta pihak restoran di Pulau Leebong untuk memasaknya.

Cara menikmati Siput ini berbeda dari siput lain yang harus dipecahkan terlebih dahulu. Anda bisa menyeruput siput ini terlebih dahulu, kemudian congkel isi siputnya (bisa gunakan tusuk gigi) untuk mengeluarkan isinya. Cara mensuknya pun tidak boleh sembarangan, yaitu disarankan searah dengan  alur cangkang agar isi siputnya keluar dengan baik. Santai dan sedikit hati-hati, jangan salah tusuk atau saat mengeluarkan isinya, kalau dagingnya terputus maka daging di dalam tidak bisa dikeluarkan.

Siput Gonggong

Seafood yang Tergolong Mahal

Ada banyak jenis seafood, namun siput jenis ini memang memiliki 'harga' dan harus mengeluarkan kocek sedikit lebih banyak. Apalagi sudah dalam bentuk crispy yang satu ons saja sudah dibandrol 40.000.  Tapi yang namanya urusan lidah dan dinikmati sendiri, tentu saja urusan murah atau mahal jadi nomor dua.

Siput Gonggong Halal

Jenis Siput Gonggong atau dalam bahasa inggrisnya dog conch memiliki nama latin Strombus canarium. Canis berarti anjing dan Gonggong merupakan tiruan bunyi anjing. Meski ada embel-embel anjing, bukan berarti makanan ini tidak halal. Atau mungkin ada yang mengkategorikan hawan ini bisa hidup di dua alam seperti melata misalnya bekicot dan lain-lain. Dalam konsultasi syariah, hewan ini termasuk hewan laut yang halal untuk dimakan.

Kandungan Gizi Siput Gonggong

Kemudian, Siput ini juga telah dilakukan uji lab dan diketahui berbagai kandungan gizi di dalamnya. Berdasarkan hasil uji tersebut diketahui nilai gizi makro per 100 gram Siput Gonggong Goreng antara lain karbohidrat 4,1% dengan nilai gizi 16,4 kalori, Protein 31,19 dengan nilai gizi 124,8 kalori dan lemak 24,9% dengan nilai gizi 224,1 kalori.

Karena isinya tidak terlalu besar, sangat pas jika siput gonggong dijadikan makanan pembuka. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan kalau selera Anda dijadikan teman nasi. Untuk rasa dan tekstur sebetulnya sama, karena cara mengolahnya pun terbilang sederhana, yaitu direbus. Jika ingin memasukkan bumbu bisa saja ditumis atau hasil rebusan tadi dimakan dengan sambal sesuai dengan Anda.

Kini, cara pengolahan siput gonggong kian bervariasi. Ada sajian yang ditumis dengan saos tiram, bumbu cabe kering, masak kuah, dan asam manis . Bahkan kini dijual cemilan kerupuk siput gonggong yang sudah dalam kemasan sebagai oleh-oleh.

Mencoba Masak Sendiri di Rumah

Coba masak sendiri di rumah, caranya sederhana koq; Pertama, Rendam siput gonggong dalam air garam semalaman untuk meluruhkan pasir dan lumpur dalam cangkangnya. Kedua, Sesaat sebelum dimasak, cucilah dengan air bersih yang mengalir. Dan Terakhir, Rebus siput gonggong dalam air yang mendidih dengan campuran garam dan irisan jahe. Air harus mendidih, karena siput gonggong rentan mengerut jika air rebusan masih dingin/normal. Jika mengerut, maka akan susah dikeluarkan/dicongkel dari cangkangnya.

Note, Garam dan irisan jahe dalam air rebusan wajib digunakan untuk menghilangkan bau amis dan lendir siput. Setelah matang tinggal tiriskan. Siapkan tusuk gigi, siapkan sambal kesukaan Anda dan sekaaaat!

Oke Traveler, selain menikmati panorama laut Belitung, jangan lupa juga nikmati aneka kuliner seafoodnya. Apalagi Anda yang berlibur ke Belitung secara khusus ingin menikmati kekayaan kuliner seafoodnya.

Karena selain siput, Anda juga bisa menikmati sajian ikan bakar, udang bakar, dan kepiting asap di Belitung yang sedapnya juara. Saking kentalnya nuansa seafood di Belitung, terkadang beberapa traveler tidak ingin menyentuh daging ayam mau pun sapi saat berada di Belitung. Jadi, jangan lewatkan menu-menu ini, apalagi untuk Anda yang seng berburu kuliner.

Siput Gonggong

Hampir Semua Restoran di Belitung Miliki Menu Seafood

Jangan heran jika saat Anda kberlibur ke Belitung dan menemukan hampir semua restoran di negeri Laskar Pelangi ini memiliki menu seafood. Tidak hanya resoran di pantai dan yang berada di pulau, bahkan yang di kota pun rata-rata bermenukan seafood. Salah satu faktornya karena Belitung adalah pulau yang dikelilingi laut.

Tidak mengherankan pula jika sebagian masyarakat Belitung yang memang tidak makan menu ikan darat atau ikan air tawar, karena sudah sedari kecil terbiasa menikmati menu makanan laut.

Nah jika Anda ingin berburu makanan laut yang nikmat, berikut kami berikan referensi beberapa restoran di Belitung yang menurut sebagian besar penikmatnya merasa puas.
  • Rumah Makan Raja Seafood di Jalan Sudirman Tanjungpandan. Sangat terkenal dengan Kepiting Asap serta menu-menu ikannya. Rumah makan di kota dengan suasana yang nyaman dan sangat digemari penggila seafood.
  • Jika ingin menikmati seafood dan melihat sunset di Pantai Tanjungpendam, Anda bisa mengunjungi Unique Bistro. Rumah makan ini sangat nyaman karena letaknya di pantai dan tidak jauh dari pusat kota Tanjungpandan, Belitung.
  • Rumah Makan Batu Garuda yang terletak di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung. Silahkan Anda menikmati seafood sembari menikmati Pantai Tanjung Kelayang dan Batu Garuda. Di rumah makan sederhana ini Anda bisa menikmati sajian seafood seperti di hotel berbintang.
  • Satu-satunya rumah makan yang berada di pinggir danau namun memiliki menu seafood yang maknyus adalah Rumah Maka Fega di Kota Manggar Belitung Timur. Referensi rumah makan ini bisa Anda pegang, terutama saat Anda berada di Belitung Timur. Rumah Makan Fega terletak di Pasar Kota Manggar.
  • Satu lagi rumah makan yang menyajikan menu-menu seafood yaitu Rumah Makan Rudi Pakistan di pantai Serdang, Manggar Belitung Timur.
Demikian referensi  rumah makan dengan menu seafood yang bisa Anda kunjungi. masih sangat banyak restoran lain yang memiliki menu seafood dengan kualitas juara, namun yang kami tuliskan hanyalah sebagai pegangan Anda sementara. Lebih lanjut Anda bisa mengeksplore Pulau Belitung lebih jauh sembari menikmati sajian kuliner dan keindahan alamnya.

0 Response to "Menikmati Siput Gonggong di Pulau Belitung"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel