Mengapa disebut Kelapa Kampit? Yuk Simak dan Diskusikan

Kelapa Kampit

Kecamatan Kelapa Kampit merupakan salah satu wilayah bagian Kabupaten Belitung Timur. Di Peta Belitung, letak kecamatan di mana terdapat Open Pit Nam Sa Lu ini persis di bagian utara, berbatasan dengan Kecamatan Damar di Sebelah Timur dan Kecamatan Badau Kabupaten Belitung di sebelah barat.

Penamaan Kelapa Kampit hingga kini masih menjadi diskusi, artinya asal muasal nama ini belum ada penetapan atau kesepakatan dari akar yang benar. Meski demikian, banyaknya prakira atas Kelapa Kampit ini akhirnya membuatnya menjadi  'kekayaan' tersendiri.

Di facebook, saya pernah mengunggah tulisan ini, kemudian terjadilah diskusi yang menampilkan banyak komentar dan banyak pula referensi yang bisa menjadi rujukan, inilah sebuah 'kekayaan' yang saya maksud.

Kelapa Kampit

Pohon Kelapa Berhimpit
Ada yang menyebut Pohon Kelapa Berhimpit, artinya satu bibit pohon kelapa tumbuhlah dua tunas yang berhimpit (saya pribadi pernah melihat dengan mata kepala sendiri, kelapa memiliki kelainan seperti yang dimaksud).

Dalam bahasa Belitong, berhimpit biasa disebut bedempit/bedampit. Entahlah mengapa bisa menjadi kampit. Apa karena pemaksaan kata bedampit, yang muncul dari kata dasar ampit (misal), hingga mengalami intervensi menjadi kampit?

Referensi lain menyebutkan pohon kelapa bedampit ini tumbuh di Bukit Kik Karak, masyarakat lokal menyebutnya gunung meski hanya memiliki ketinggian 300 DPL.

Klappa Kamp Pit
Di peta lama milik Belanda, pembuatannya sewaktu bangsa kolonial itu menduduki bumi pertiwi, bukan tertulis Kelapa Kampit, tapi Klappa Kamp Pit.

Tidak ada dalam kamus Bahasa Belanda (Dutch) kata Klappa. Kelapa jika diartikan ke dalam Bahasa Belanda pun artinya Kokosnot, bukan Klappa. Kalau pun ada kosakata yang sama, itu dari bahasa Swedia, Klappa berarti tepuk.

Lalu bagaimana dengan Kamp. Dalam bahasa Belanda, Kamp diterjemahkan menjadi Kamp (bahasa). Di KBBI Jilid III, Kamp memiliki dua arti, Pertama; Kamp yang berarti tenda (kemah), barak, dsb. Kedua; Kamp berarti tempat pengasingan. Di pengertian kedua ini, Kamp selalu identik dengan konsentrasi atau jika disandingkan menjadi 'kamp konsentrasi'.

Pit dalam Bahasa Belanda berarti lubang. Sementara itu, dalam istilah pertambangan umum, Pit adalah lokasi penambangan. Sekilas, penggabungan kata kamp dan pit bisa bermakna tempat/kamp lokasi penambangan.

Kelapa Kampit

Kelapa di Antara Kamp-kamp Penambang
Tidak hanya itu, ada juga yang menyebutkan Kelapa Kampit bersumber dari pohon Kelapa yang tumbuh di antara kamp-kamp penambang.

Jadi semacam titik terang. Masukan benderang ini muncul dari kawan Akun Facebook (Akun FB) Huzaini Bule Sahib, menurut hipotesisnya, penamaan pit selalu mengikuti hal unik di lokasi penambangan. Misal, di suatu daerah penambangan, ada daerah bernama Pit Anak Dua. Itu karena sewaktu eksplorasi di daerah tersebut, ada seorang ibu yang tinggal bersama dua orang anaknya.

Penamaan lokasi unik ini dibenarkan oleh para Geologis. Kata mereka di banyak tambang, penamaan pit memang seperti itu. Demikian pula halnya dengan penamaan Kelapa Kampit, ada kemungkinan memiliki latar belakang sejarah tambang seperti itu.



Dijelasan Huzaini, Untuk penamaan Kampit, tidak bisa sendiri-sendiri, harus satu kesatuan, yaitu Kelapa Kampit. "Nggak bisa Kelapa saja atau Kampit saja. Karena kalau terpisah menjadi tidak bermakna sama sekali," Kata Huzaini.

Penamaan Kelapa Kampit bisa jadi awalnya adalah camp/kamp untuk pit yang di sekitarnya. Disinyalir penamaan itu digunakan penanda.

Sebagai penanda, ada pohon kelapa untuk memudahkan penyebutan, jadilah Kelapa Kampit. Nah, pekerjaan rumahnya, dimana poisisi kamp dekat Pit yang ada pohon kelapa, Itu perlu ditelusur.

Dari kawan Akun FB Wahyu, menyebutkan Kelapa Kampit merupakan nama gunung yang sekarang disebut Gunung Kik Karak. Pernah dipakai untuk penamaan Kamp Gunung, Nama Kelapa Kampit atau Klappa Kamp Pit kemudian dipakai untuk distrik tambang. Nama Klappa Kamp Pit sudah lama dipakai, bahkan sejak ekspedisi Loudon Cs, sudah disebut seperti itu.

Masukan nyentrik dan logic ala Akun FB Edwin juga dirangkum. Edwin menceritakan, konon di Kampit ada tempat tidur pekerja yang disebut camp (kem). Di dua kem itu ditandai dengan pohon kelapa yang lidah orang Belanda menyebutnya Klappa Kampiij.

Jadi. Apakah arti Kelapa Kampit? siapa tahu...

0 Response to "Mengapa disebut Kelapa Kampit? Yuk Simak dan Diskusikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel